-->

Kenapa Saldo JHT Tidak Tersedia? Berikut Penyebabnya!

Banyak yang bertanya kenapa saldo JHT tidak tersedia. Bagi peserta BPJS  Ketenagakerjaan tentunya kalian sudah mempunyai akun pada aplikasi JMO (Jamsostek Mobile). Dengan  aplikasi ini, kalian bisa menikmati berbagai fitur yang salah satunya adalah untuk cek saldo jht.

Dengan hadirnya aplikasi JMO, pengguna dapat melakukan cek saldo JHT tanpa harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan maupun bertanya ke pihak personalia perusahaan tempat kamu bekerja.

Jika kamu mengalami saldo JHT tidak tersedia di aplikasi JMO, berikut kami jelaskan penyebab dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kenapa Saldo JHT Tidak Tersedia?

Penyebab Saldo JHT Tidak Tersedia

Pada beberapa kasus, pengguna aplikasi JMO mengeluhkan tentang saldo JHT yang tidak kunjung muncul atau tersedia di layar aplikasi. Kasus ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang saja, namun juga banyak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami hal serupa.

Ada beberapa kendala yang biasanya terjadi pada pengguna aplikasi JMO, diantaranya disebabkan karena beberapa faktor seperti akses menu terkunci, tidak dapat terhubung dengan server, belum melakukan pembaruan data dan lannya.

Jika kamu bisa mengakses menu dan terdapat pemberitahuan bahwa saldo JHT tidak tersedia, tentunya kamu akan merasa cemas bahwa saldo JHT hilang atau telah dicairkan oleh orang lain.

Lalu, apabila saldo JHT Tidak tersedia apakah sudah dicairkan? Berikut kami rangkum beberapa penyebab dan solusinya.

1. Sedang Proses Pencairan

Salah satu penyebab kenapa saldo JHT tidak tersedia adalah kemungkinan kamu sedang melakukan proses pencairan saldo JHT pada aplikasi JMO. Apabila demikian, maka sudah pasti kamu tidak dapat melakukan cek saldo di JMO.

2. Belum Memasukkan KPJ Terbaru

Penyebab kedua jika saldo JHT tidak tersedia adalah karena kamu belum memasukkan nomor KPJ terbaru dari perusahaan tempat kamu bekerja. Oleh karenanya, pastikan kamu sudah meng-input nomor KPJ di JMO sesuai dengan KPJ yang kamu miliki.

3. Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Jika cara di atas sudah kamu coba namun saldo JHT tetap tidak tersedia, maka langkah terakhir adalah dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan. Kamu dapat menghubungi lewat email, telepon maupun media sosial resminya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa penyebab kenapa saldo JHT tidak tersedia di JMO. Kemungkinan hal ini terjadi karena kamu telah melakukan proses pencairan saldo JHT sebelumnya atau juga karena belum memasukkan nomor KPJ terbaru di JMO.