-->

Kenapa Tidak Bisa Unggah Foto LTMPT? Ini Penyebabnya!

Para siswa kelas 12 yang mau masuk perguruan tinggi tahun 2022 ini harus mempersiapkan diri. Kini, siswa sudah bisa mulai daftar akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Tapi seringkali banyak yang mengalami masalah, salahsatunya banyak yang bertanya kenapa tidak bisa unggah foto ltmpt tersebut.

Proses gagal upload foto ini menjadi salah satu masalah umum yang seringkali dialami para siswa. Bukan hanya satu atau dua siswa, tapi banyak siswa yang memang mengalami masalah tersebut. Buktinya pertanyaan tersebut kemudian viral di Google Trend dan banyak ditanyakan. Ini sama dengan terjadi masalah dengan api pusdatin kemdikbud yang juga sering jadi pertanyaan umum.

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Unggah Foto LTMPT

Agar supaya kemudian para siswa tidak mengalami masalah lagi, apakah sangat penting untuk bisa mengetahui beberapa faktor penyebabnya. Perlu diketahui bahwa para siswa memang di wajibkan untuk menyesuaikan foto yang diupload dengan ketentuan yang sudah di sediakan.

Kenapa Tidak Bisa Unggah Foto LTMPT

Apabila kemudian foto itu gagal di-upload misalnya kurang jelas atau tidak tampak jelas, maka salah satu masalahnya tentu berhubungan dengan ketentuan. Ada ketentuan yang kemudian tidak dipenuhi oleh para pelamar saat kemudian meng-upload atau mengunggah foto tersebut.

Bahkan menurut panitianya sendiri yakni Prof Arif Junaedi. Setiap tahun banyak di antara pelamar termasuk siswa tentunya yang yang main-main jangan menggunakan foto narsis. Bahkan jumlahnya sendiri tidaklah sedikit ada ribuan foto yang tidak kelihatan bahkan ada juga yang berpose dengan foto keluarga.

Tentunya itu bukanlah pas foto melainkan foto narsis. Misalnya ada beberapa diantaranya yang kemudian foto di pinggir pantai, dan juga beberapa foto lain yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Foto LTMPT Untuk Yang Berhijab Apakah Boleh?

Sangat penting dalam sebetulnya banyak ditanyakan selama ini tentang apakah boleh menggunakan foto ltmpt untuk yang berhijab. Tentunya pihak panitia membolehkan kita untuk menggunakan hijab saat foto tersebut.

Akan tetapi sangat penting dan diwanti-wanti untuk kemudian mengupload foto terbaru. Kalau memang Anda mau upload foto yang berhijab, nanti kalau sudah masuk dalam proses registrasi langsung tentu harus pakai hijab juga.

Syarat Ketentuan Foto yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa syarat ketentuan yang kemudian harus diperhatikan pada saat akan upload foto. Bagi yang memang sering mengalami kegagalan atau belum pernah mencoba mendaftar, baiknya memperhatikan syarat tertentu.

Apa saja syarat ketentuan foto yang harus diupload? Berikut adalah diantaranya:

  • Pas foto ukuran 4cm x 6cm
  • Rasio 200 px x 300 px
  • Latar belakang bisa merah, biru, ataupun putih (bisa ganti pakai remove.bg)
  • Tipe file bisa JPG/JPEG/PNG
  • Ukuran minimal 80 KB
  • Ukuran maksimal 300 KB
  • Foto orientasinya vertikal/portrait
  • Posisi menghadap kamera badan dan kepala tegak
  • Kualitas foto tidak boleh pecah melainkan harus tajam dan fokus
  • Menggunakan kacamata (baca) ataupun jilbab dibolehkan
  • Posisi kepala terletak di bagian tengah
  • Tidak boleh ke posisi kepala terpotong
  • Meng-upload pas foto terbaru

Jadi sekian itu adalah beberapa jawaban tentang faktor penyebab sekaligus juga solusi yang bisa dilakukan untuk siswa yang mengalami masalah saat upload foto. Semoga jawaban di atas menjawab pertanyaan kenapa tidak bisa unggah foto ltmpt yang banyak ditanyakan selama ini.