-->

Kartu ATM Tidak Valid: Penyebab dan Solusi

Beberapa diantara pengguna ATM Mungkin banyak yang mengalami kartu mereka sudah tidak valid lagi. Nah yang jadi pertanyaan adalah tentang apa penyebab kartu atm tidak valid dan Bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Artikel ini akan membahas dan menjelaskan tentang beberapa faktor yang menyebabkan kartu ATM tidak valid sekaligus juga solusi untuk mengatasinya. Tentunya artikel ini sangat cocok untuk Anda yang saat ini mengalami masalah tersebut.

Kartu ATM Tidak Valid

Penyebab Kartu ATM Tidak Valid

Bagi para pengguna kartu ATM BRI, BNI dan lain sebagainya, mungkin banyak yang mengalami masalah di mana kartu ATM yang di gunakan tidak valid. Hal itu terjadi pada saat memasukkan kartu ke dalam ATM.

Nah biasanya hal itu disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor yang dimaksud misalnya meliputi sebagai berikut:

1. Kartu sudah kadaluarsa

Pertama yang harus diketahui adalah bahwa kartunya sudah kadaluarsa. Perlu diketahui bahwa kartu ATM itu memiliki masa berlaku. Masa berlaku bisa dilihat pada kartu nya sendiri dengan logo VALID THRU. Biasanya disana ada informasi tahun dan tanggal berakhir kartu tersebut.

Jika kartu sudah kadaluarsa, apakah itu artinya kata tersebut sudah tidak valid lagi dan tidak bisa digunakan. Artinya kita akan mengalami masalah pada saat melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut.

2. Kartu terkena blokir

Masalah blokir pada kartu juga bisa menyebabkan kartu kita tidak valid. Jika kita memiliki rekening di Bank BNI misalnya, kalau kemudian terkena blokir karena beberapa masalah tertentu misalnya kecurigaan Transaksi dan lainnya, bisa saja pihak BNI memblokir ATM kita.

Jika kartu ATM kita sudah terkena blokir, makan nanti bisa saja yang terjadi adalah di mana kartu tersebut sudah tidak valid dan tidak bisa digunakan. Jadi meskipun belum memenuhi batas usia 5 tahun, tapi bisa saja nanti justru terkena blokir dan tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Valid

Ada beberapa solusi dan cara yang bisa dilakukan untuk bisa memperbaiki masalah kartu atm tidak valid atau invalid. Nah dalam hal ini kita akan coba cari tahu solusi apa saja sebenarnya yang bisa dilakukan.

Sebetulnya secara umum memang ada dua pilihan solusi yang kemudian kita bisa gunakan. Adapun kedua pilihan solusi yang dimaksud ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi call center

Pertama pastinya kita harus menghubungi call center. Kita harus hubungi call center berdasarkan Bang di mana kita membuat kartu tersebut. Misalnya jika kita memiliki kartu Bank BNI, maka kita harus hubungi call center BNI.

2. Mendatangi kantor cabang terdekat

Selanjutnya juga pastikan supaya Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat agar bisa mengaktifkannya kembali atau pun juga mengganti dengan kartu baru. Silakan Anda datangi dan jangan lupa bawa kartu atau buka tabungan.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa faktor penyebab masalah kartu ATM tidak valid sekaligus juga solusi yang bisa digunakan. Silakan anda temukan faktor penyebabnya terlebih dahulu dengan menghubungi call center atau customer service dari bank.